RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah :
Tema : Keluarga
Kelas / Semester : I (Satu) / I (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1x
pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
IPS :
1.
Memahami identitas diri dan
keluarga, serta saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
Matematika :
1.
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 20
Bahasa Indonesia
1.
Membaca teks pendek dengan
membaca nyaring
II.
Kompetensi Dasar
IPS
1.1
Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
Matematika
1.3 Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20
Bahasa Indonesia
2.1 Membaca nyaring suku kata dan kata
dengan lafal yang tepat
III.
Indikator
1.
Menyebutkan nama lengkap, nama
panggilan dan anggota kerabat
keluarga.
2.
Menjumlahkan dua bilangan tanpa
menyimpan
3.
Membaca nyaring huruf sebagai
suku kata, kata, dan kalimat
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan perkenalan siswa
dapat menyebutkan nama lengkap, nama panggilan dan nama kerabat keluarga.
2.
Melalui kegiatan melihat gambar
siswa dapat menjumlahkan dua bilangan tanpa menyimpan
3.
Melalui kegiatan memasangkan
pasangan kata dengan gambar siswa dapat membaca nyaring huruf sebagai suku
kata, kata, dan kalimat
V.
Materi pokok
Setiap orang mempunyai nama
Setiap orang memiliki orang tua
Orang tua merupakan
Orang yang harus dihormati
Orang tua kita yaitu
Ayah dan ibu
Selain orang tua, kita juga
punya kerabat
Ada Kakek, Nenek, Paman,
Bibi, Kakak, dan Adik
VI.
Langkah Pembelajaran
a. Pra Kegiatan ( 5 menit)
1.
Salam
2.
Pengkondisian kelas
b. Kegiatan Awal ( 5 menit )
1.
Apersepsi, menyanyikan lagu
“Sayang semuanya”
2.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang hendak dicapai
3.
Guru memberikan motivasi guna
mencapai tujuan pembelajaran tersebut.
c. Kegiatan Inti (40 menit)
Eksplorasi :
1.
Siswa menyebutkan siapa saja
yang ada di rumahnya
Elaborasi :
2.
Guru menjelaskan materi tentang
keluarga dan kerabat.
3.
Siswa maju mengambil gambar
yang disediakan guru.
4.
Siswa memasangkan pasangan kata
dengan gambar dan gambar dengan kata yang sesuai lalu membaca tulisan pada
gambar.
5.
Siswa yang lain menanggapi
apakah gambar yang dipasangkan sudah sesuai atau belum.
6.
Siswa memperkenalkan namanya
dan anggota keluarganya di depan
teman-temannya sesuai dengan gambar yang dipasang.
7.
Siswa menghitung jumlah anggota
keluarganya lalu menjumlahkannya dengan jumlah anggota keluarga temannya.
Konfirmasi
8.
Siswa diberi kesempatan untuk
menanyakan hal-hal yang belum dimengerti.
9.
Guru menjelaskan hal yang perlu
ditambahkan
d. Kegiatan Akhir ( 20 menit )
1.
Siswa mengerjakan evaluasi dari
guru
2.
Guru menutup pelajaran.
VII.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran :
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Demonstrasi
VIII.
Media dan Sumber Belajar
1.
Gambar tentang anggota keluarga
dan kerabat
2.
Silabus IPS dan Bahasa
Indonesia kelas 1 SD
3.
BSE IPS kelas 1 SD, Endang
Hendayani, 2008, hal 3-15
4.
BSE Bahasa Indonesia kelas 1 SD,
H. Suyatno dkk., 2008, hal 9-12
IX.
Penilaian
A. Prosedur : Tes awal :
tidak ada
Tes proses : ada
Tes akhir :
ada
B. Jenis Tes : -
tertulis - perbuatan
C. Alat tes :
- Soal latihan
-
Tabel Pengamatan
How to Win At Sports Betting in Las Vegas
BalasHapusThe easiest way to get 수원 출장마사지 online is to 익산 출장마사지 get your first-deposit match to match 과천 출장샵 your winnings. As the betting 천안 출장샵 industry has grown over 춘천 출장안마 the years,